Belanja Online Meledak, Tokopedia, TikTok, Shopee, Lazada Tawarkan Diskon 99% 11.11

Peningkatan belanja online melalui toko retail maupun platform pasar digital mencapai 6,19% dalam periode kuartalan atau quarter to quarter (qtq).E-commerce Tokopedia TikTok Shop, Shopee, Lazada hingga Blibli juga memaksimalkan promo akhir tahun, termasuk11.11.
Wakil Direktur Senior Tokopedia dan E-commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo mengungkapkan bahwa perusahaan mengadakan kampanye dengan tema 'promo guncang 11.11'. "Kami menawarkan pengiriman gratis tanpa batas, karena masyarakat sangat menyukai penawaran ini," ujarnya dalam acara konferensi pers Promo Guncang 11.11 di Jakarta, Rabu (5/11).
Daftar promo 11.11 di Tokopedia sebagai berikut:
- Diskon hingga ratusan juta
- Potongan harga hingga Rp 1,2 juta
- Voucer sampai 99%
Daftar promo 11.11 di TikTok Shop sebagai berikut:
- Potongan harga hingga Rp 1,1 juta
- Voucer 50%
- Gratis ongkir sepuasnya
Tokopedia bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan belajar bahasa Duolingo, yang memiliki maskot berupa burung hantu hijau. Kedua pihak menggunakan media sosial untuk memperkenalkan kampanye kepada pengguna media sosial, khususnya kalangan muda yang menyukai konten yang viral.
Konten yang menampilkan ikon Duolingo berpakaian dengan tulisan 'bukan Tokopedia, jangan minta promo' dan maskot Tokopedia mengenakan baju bertuliskan 'saya tidak mengajar bahasa' menjadi viral di media sosial. Duolingo juga akan merilis toko.onlineproduk pertama di Asia Tenggara yang dijual di Tokopedia pada 11 November.
"Selain menyajikan konten yang sesuai dengan audiens, kemitraan ini menunjukkan keyakinan bahwa kerja sama dan inovasi mampu menghasilkan dampak yang berarti serta menjadi contoh baik bagi perkembangan industri digital di Indonesia," kata Head of Marketing Tokopedia Jonathan Theon Locanawan dalam pernyataan pers, Minggu (3/11).
E-commerceTidak jauh berbeda dengan Shopee, Lazada, dan Blibli juga tidak ingin ketinggalan. Berikut daftar potongan harga 11.11 di Shopee:
- Diskon Besar Flash Sale 100 motor dan iPhone setiap 10 menit dengan harga mulai dari Rp 11 ribu
- Potongan harga mulai dari 50% untuk barang dari merek kesayangan, seperti Dyson, Laneige, TCL, Changhong
- Kupon diskon hingga Rp 11 juta selama masa kampanye puncak
- Potongan harga Rp 10 ribu berlaku untuk semua pengguna mulai pukul 00.00 hingga 00.10 WIB tanggal 11 November
- Gratis ongkir
Kepala Kemitraan Bisnis Shopee Indonesia Daniel Minardi menyatakan bahwa kampanye diskon 11,11 memberikan peluang untuk mengekspresikan kreativitas dalam dunia tersebut.fashion, sambil mendukung pengusaha lokal yang semakin kreatif.
Untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, Shopee menyediakan fitur Coba Virtual, menawarkan metode yang lebih interaktif dan sesuai dengan kebutuhan pribadi dalam mencari barang.fashion "yang terbaik," ujar Daniel dalam pernyataan pers, Rabu (5/11).
Sementara itu, promo 11.11 di Lazada berikut ini:
- Potongan harga 99% untuk barang di LazMall
- Potongan harga hingga 99% untuk kumpulan global
- Potongan harga hingga 85% untuk pembelian token listrik dan e-voucher
- Promo khusus berlaku pada waktu-waktu tertentu yaitu pukul 09.00, 12.00, 15.00, 18.00, 21.00 WIB
Secara global, platform e-commerceLazada mengumumkan penanaman modal lebih dari US$ 25 juta atau Rp 417,5 miliar (kurs Rp16.580 per US$) guna memperkuat acara promo belanja tahunan 11.11.
Lazada memanfaatkan lima agen AI untuk meningkatkan pengalaman berbelanja, terutama selama masa diskon 11.11. Kelimanya adalah:
- AI Lazzie (Agen Belanja)
- Agen Pengembalian Dana (Refund)
- Agen Logistik
- Agen Product Listing
- Agen Pemasaran
Kami sedang berpindah dari penggunaan AI sebagai alat bantu menjadi rekan kerja yang mampu memahami, menganalisis, dan bertindak secarareal time," kata Chief Executive Officer Lazada Indonesia Carlos Barrera dalam pernyataannya, akhir pekan lalu (30/10).
Dengan memasukkan agen AI ke dalam seluruh sistem, Lazada berharap membuat momentum diskon 11.11 kali ini lebih besar, canggih, dan unggul.
Pembeli bisa merasakan kemudahan dan penghematan yang lebih besar, sementara penjual memperoleh wawasan dan efisiensi yang lebih akurat. Ini merupakan langkah penting menuju era baru.agentic commercedi kawasan Asia Tenggara," tambah Carlos Barrera.
Lima agen AI bekerja bersamaan untuk mengubah setiap tahap dalam proses pembelian dan penjualan, khususnya selama periode diskon 11.11.
E-commerceBlibli lokal juga menyediakan promo 11.11. Berikut daftarnya:
- Potongan harga maksimal Rp 1,1 juta untuk beberapa produk tertentu
- Diskon hingga 80%
- Harga khusus dimulai dari Rp 11.000 untuk barang tertentu
- Pengiriman gratis tanpa adanya batas minimum pembelian
Pertumbuhan Belanja Online Mencapai 6,19%, BPS Menyebut Daya Beli Tetap Terjaga
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga secara tahunan atauyear on year(yoy) tumbuh sebesar 5,04%. Pengeluaran rumah tangga masih menjadi kontributor terbesar terhadap total produk domestik bruto (PDB), yaitu sebesar 53,14%.
Peningkatan pengeluaran rumah tangga melambat, yaitu dari 4,97% yoy pada kuartal II menjadi 4,89% yoy.
Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan bahwa perlambatan pertumbuhan konsumsi rumah tangga di Kuartal III bukan disebabkan oleh menurunnya kemampuan beli masyarakat. Hal ini dikarenakan adanya faktor musiman yang memengaruhi kebiasaan berbelanja masyarakat.
“Pada kuartal III, event-eventsama sekali tidak ada libur keagamaan," kata Amila di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (5/11). Sementara pada kuartal II, terdapat rangkaian libur panjang, termasuk Idulfitri dan Iduladha.
Dengan demikian, perlambatan pertumbuhan kali ini bukan disebabkan oleh menurunnya daya beli, tetapi karena momentum pengeluaran rumah tangga yang turun pada kuartal II dan kembali stabil pada kuartal III.
BPS melaporkan bahwa transaksi online dari toko ritel dan pasar daring meningkat sebesar 6,19% secara kuartalan atau quarter to quarter (qtq). Pertumbuhan ini jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan nasional yang hanya 1,43% qtq pada kuartal III.
Meskipun pertumbuhan ekonomi kuartal III secara tahunan atau year on year (yoy) mencapai 5,04 persen, Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh. Edy Mahmud tidak merinci pertumbuhan transaksi online dari tahun ke tahun.
Edy hanya menjelaskan bahwa transaksi online didukung oleh pembelian produk perawatan diri atau personal care seperti kosmetik dan perawatan kulit, serta alat-alat rumah tangga, transportasi untuk rekreasi olahraga dan pakaian.
Pelaksana harian atau Plh Direktur Neraca Pengeluaran Anisa Nuraini menyebutkan bahwa total transaksi digital mencapai Rp 200 triliun pada kuartal III. Kontribusi menurut kategori produk adalah sebagai berikut:
- Perawatan diri 17% - 18%
- Perlengkapan rumah tangga 14%
- Transportasi 13%
- Rekreasi 13%
- Pakaian dan sepatu 11% hingga 12%
"Kinerja perekonomian pada kuartal ketiga 2025 didukung oleh pengeluaran masyarakat yang tetap stabil," ujar Edy dikutip dari Antara, Rabu (5/11).
"Konsumsi rumah tangga sangat dipengaruhi oleh pendapatan dan semangat masyarakat. Jika perekonomian berkembang lebih cepat serta berdampak pada kenaikan pendapatan keluarga, hal ini akan mempercepat pertumbuhan konsumsi," tambah Edy.
Menurutnya, pendapatan yang bisa digunakan (disposable income) merupakan faktor penting. Ketika pendapatan yang bisa digunakan naik, keluarga cenderung meningkatkan pengeluaran mereka.
Selain itu, kebijakan pemerintah yang mampu meningkatkan pengeluaran, seperti bantuan sosial dan insentif lainnya, juga memainkan peran penting dalam menjaga kemampuan beli masyarakat.
Posting Komentar